Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Friday 12 January 2018

Alarm Tubuh Ini Beritahukan Ada Masalah Dengan Kesehatanmu

Ilustrasi gatal


Jika kamu peka, tubuh sebenarnya memiliki alarm tersendiri untuk memberitahukan bahwa ada yang tidak beres di dalamnya. Sayangnya, kamu seringkali tidak menghiraukannya sehingga gangguan ini kemudian berubah menjadi masalah kesehatan atau penyakit yang gawat.

Dilansir dari boldsky.com, ini dia alarm alami tubuh yang sebaiknya kamu pahami.

1. Gatal dan Bengkak

Gatal umumnya terjadi akibat gigitan serangga, kontak dengan benda kotor, atau alergi. Namun jika kamu merasa bahwa kamu tidak mengalami salah satu di antara hal tersebut dan gatal yang terjadi diikuti ruam dan bengkak, maka itu adalah pertanda masalah sistemik dalam tubuh. Dan gangguan ini hanya bisa diobati oleh dokter kulit.

2. Hilangnya Selera Makan

Kehilangan nafsu atau selera makan juga menjadi alarm tubuh yang sebaiknya tak kamu hiraukan. Apalagi jika terjadi selama berminggu-minggu. Sebab bisa jadi itu merupakan tanda awal dari suatu penyakit kanker.

3. Gangguan Saat Buang Air

Sering mengalami rasa tidak nyaman saat buang air yang diikuti dengan peningkatan atau penurunan frekuensi saat buang air? Maka, hal tersebut merupakan alarm untuk memberitahukan bahwa bisa saja kamu mengalami penyakit ISK hingga diabetes.

4. Tangan Gemetar

Tangan gemetar yang diikuti dengan gerak otot yang tidak bisa dikontrol dan seringnya pandangan jadi kabur, maka itu bisa jadi tanda Parkinson.

Jika kamu mengalaminya dan kemudian membuatmu tak bisa menulis sesuatu dengan normal lalu leher atau bagian tubuh lainnya meregang tanpa kamu sadari, maka lakukan kunjungan ke ahli saraf.

5. Mood Swing

Mood swing atau perubahan suasana hati yang tiba-tiba seringkali dialami wanita jika memasuki masa PMS. Namun jika kamu tidak sedang PMS dan mengalaminya, maka berarti ada yang tidak beres dengan sistem dalam tubuhmu.

Salah satu contohnya adalah adanya pheochromocytoma (tumor di kelenjar adrenal) yang membuat tingkat adrenalin naik secara konstan dan menyebabkan palpitasi, agresivitas, dan mood swing yang tidak bisa dikontrol.



6. Mendengkur Keras

Orang yang suka mendengkur saat tidur, biasanya menderita penyakit yang disebut dengan sleep apnea dimana jalan napas jadi terhambat saat tidur karena lidah yang menutupi tenggorokan atau adanya masalah struktural di tenggorokan. Biasanya dengkuran yang terjadi begitu keras.

Jika kamu mengalaminya, maka cobalah untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

7. Menggeretak Gigi Saat Malam Hari

Merdeka.com - Kamu atau orang terdekatmu sering menggeretak gigi saat tidur? Hal ini disebut dengan bruxism. Orang dengan gangguan ini biasanya memiliki masalah sensitivitas yang ekstrim pada gigi belakang mereka. Dan saat stres datang, bruxism yang terjadi makin parah.

8. Adanya Darah di Cairan Tubuh

Adanya darah di dalam cairan tubuh yang kamu keluarkan, baik itu dahak, urin, air susu, atau kotoran patut untuk kamu curigai. Segera kunjungi dokter. Sebab munculnya darah ini menjadi tanda besar akan masalah berbahaya di dalam tubuh.

9. Muntah Setelah Makan

Seringnya muntah setelah makan wajib kamu waspadai. Sebab kemungkinan kamu menderita penyakit yang disebut dengan GERD atau gastroesophageal reflux disease. Konsumsi makanan tinggi minyak, lemak, atau pedas makin memperparah penyakit ini.

Jika kamu sering mengalaminya, maka segera lakukan pemeriksaan di bagian gastroenterologi.

10. Warna Kuning di Mata, Lidah, dan Kulit

Menguningnya lidah, kulit, telapak tangan, dan bagian putih mata merupakan tanda klasik dari penyakit kuning yang disebabkan oleh kerusakan di lever. Saat kamu mengalaminya, maka segera kunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Tubuhmu begitu menakjubkan. Termasuk bisa mengeluarkan alarm alami untuk memberitahukan gejala suatu penyakit. Oleh karena itu, coba dengarkan tubuhmu dengan baik ya.


Sumber: merdeka.com

0 comments:

Post a Comment