Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Tuesday 23 January 2018

Sering Foto Selfie? Tapi Apa Kamu sudah Tahu Siapa yang Pertama Kali Menemukan Foto Selfie?


Di era masa kini, selfie seolah jadi kebutuhan hidup. Ke manapun pergi, asal ada HP atau gadget kamera, kamu pasti mau selfie. Namun apakah kamu sudah tahu asal mula selfie itu seperti apa? Jika tak tahu, maka kamu harus kenalan dengan Robert Cornelius ini.

Semua bermula saat Robert mengatur frame kameranya selama 5 menit sehingga ia punya cukup waktu untuk berlari ke bagian depan tokonya. Ia terus melakukan itu sampai mendapatkan gambar yang sempurna. Karyanya itulah yang saat ini diakui sebagai foto selfie kali pertama.

Ayah Robert adalah imigran Belanda dan pengrajin perak sebelum ia menjadi seorang pimpinan usaha produsen lampu. Di masa mudanya, Robert tertarik dengan ilmu kimia ketika menimba ilmu di sekolah swasta, seperti dilansir Mashable.

Inilah Robert Cornelius, orang pertama yang selfie

Setelah sekolahnya rampung, Robert membantu kerja ayahnya sebagai seorang spesialis sepuh dan poles perak. Untuk itulah dia bangga dengan bisnisnya dan ingin mengabadikan dirinya lewat foto, yang malah jadi foto selfie pertama sepanjang sejarah.

Tercatat jika Robert pernah membuat sebuah Daguerrotype untuk fotografer Joseph Paxton. Mengikuti bakatnya sebagai Self Portrait, maka ia pun menjadi fotografer. Namun, hal itu hanya berlangsung selama 2 tahun saja dan ia pun kembali membantu ayahnya di bisnis pembuatan lampu.

Ia memegang kendali bisnis produksi lampu ayahnya dan mematenkan desain lampunya. Hingga akhirnya bisnis tersebut menjadi salah satu bisnis yang paling sukses di Amerika. Robert Cornelius pensiun di tahun 1877 dan meninggal pada tahun 1893 dengan usia 84 tahun.


Sumber: inafeed.com

0 comments:

Post a Comment