Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Monday 11 December 2017

Abraham Samad: Indonesia Darurat Korupsi

Mantan Ketua KPK Abraham Samad 


Eks Ketua KPK Abraham Samad menyebut Indonesia dalam keadaan darurat korupsi. Langkah pemberantasannya pun tak bisa dengan cara biasa-biasa saja.

"Indonesia ini darurat korupsi. Tingkat korupsinya tinggi. Cara pemberantasannya juga harus dengan cara luar biasa. Nggak bisa disamakan dengan negara lain (yang tingkat korupsinya rendah), misalnya Korea Selatan," kata Samad di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (11/12/2017).

Menurut Samad, di negara dengan tingkat korupsi yang masih tinggi, dibutuhkan penindakan yang represif. Selanjutnya perlu dilakukan kajian tentang penyebab terjadinya korupsi hingga memunculkan sistem yang baik sebagai pencegahan serta perlu dilakukan penguatan pendidikan karakter antikorupsi.

"Pemberantasan korupsi kita harus dari hulu ke hilir. Di hulu penindakan yang represif, di tengahnya ada pencegahan, dan di hilirnya ada pendidikan karakter," ungkapnya.

Ia juga menolak wacana 'potong generasi' untuk mengisi jabatan penting di pemerintahan. Menurutnya, tanpa ada sistem yang mencegah korupsi dan karakter berintegritas, korupsi akan terus terjadi.

"Kalau potong generasi tapi tidak dipersiapkan generasi yang berintegritas, ya sama saja," ujar Samad.
 
 
Sumber: news.detik

0 comments:

Post a Comment