Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Saturday 2 December 2017

Ketua Srikandi Pekat IB Batam Siap Mendapatkan Penyuluhan dan Pencegahan HIV / AIDS


Peringatan Hari AIDS Sedunia 2017 kali ini mengambil tema 'Hak Saya Untuk Sehat' dengan bentuk kampanye #myrighttohealth.

Setiap orang tidak terkecuali orang dengan HIV-AIDS (ODHA) memiliki hak atas kesehatan yang sama, termasuk hak pencegahan dan pengobatan penyakit HIV-AIDS, hak perawatan dengan hormat dan bermartabat.

Penyakit HIV-AIDS tergolong penyakit yang belum bisa disembuhkan, pengobatan yang bisa dilakukan dengan memperlambat perkembangan virus HIV dalam merusak sistem kekebalan tubuh penderitanya.

Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember merupakan bentuk kampanye penyadaran pada masyarakat akan endemi AIDS di seluruh dunia akibat penyebaran infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Rahmatunnisa SE, Ketua Srikandi Pekat IB DPD Batam saat tim dijumpai redaksi Otoritasnews.com menyatakan di indonesia, ada 255.527 kasus HIV. Kalau melihat laporan dari tiap provinsi di indonesia, ada sekitar 100 ribu kasus per hari. Ini karena seks berisiko secara heterogen maupun homogen.

Sampai saat ini masih sering ditemukan masalah dengan kurang hidup dengan HIV-AIDS (ODHA). Oleh karena itu inti dari kampanye 'Hak Saya Untuk Sehat adalah untuk tujuan wabah penyakit HIV-AIDS, dan kita juga berperan dalam menentukan besar kecilnya angka HIV-AIDS.

Sebanyak 72,4 persen kejadian HIV di Indonesia disebabkan oleh hubungan seksual yang tidak terproteksi. Tingginya angka penderita AIDS ini karena seks berisiko secara heterogen maupun homogen.

Wilayah Batam juga merupakan salah satu penderita HIV / AIDS tinggi, namun saat ini belum ada Peraturan Daerah (Perda) yang berfungsi sebagai payung hukum dan ketentuan kepada penderitanya.

"Pengenalan dan penyuluhan tentang pendidikan dampak seks bebas dan bahaya AIDS perlu dikeluarkan dari tingkat sekolah SMP lagi perkembangan zaman anak-anak sekarang yang gampang suka." Kata Rahmatunnisa.

Mengingat angka penderita HIV / AIDS adalah ibu rumah tangga dan pekerja seks bebas merupakan penyakit tertinggi AIDS ini menjadi tantangan Bu Chaca panggilan akrab ketua srikandi ini untuk membuat Srikandi Pekat IB bisa memberikan penyuluhan dan perkenalan pendidikan bahaya AIDS kepada mereka segera.


Sumber: OtoritasNews

0 comments:

Post a Comment