Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Monday 4 December 2017

Nggak Ngerasa Bangga, 5 Orang Ini Malah Nyesel Udah Bikin Penemuan Canggih

Oppenheimer robert

Kenapa nyesel yah??

Kalo lo berhasil menciptakan sebuah penemuan baru, apa yang bakal lo rasain? Sebagian besar orang pastinya bakal ngerasa bangga. Iya kan? Akan tetapi hal beda justru dirasain sama para lima penemu yang bakal kita bahas kali ini. Mereka justru ngerasain hal yang sebaliknya. Mereka nyesel banget udah bikin 5 penemuan ini. Kenapa yah? Alasannya adalah penemuan yang mereka bikin ternyata malah disalah gunakan buat hal-hal yang buruk.

Siapa dan apa aja penemuan yang disalah gunakan orang? Ini nih.

1. Alfred Nobel
Alfred Nobel

Via hir.ma

Yang pertama adalah Alfred Nobel. Tahun 1860, dia berhasil menemukan cara buat meledakkan batu secara cepat dan efisien. Dia mencampur nitrogliserin dan silika. Sayangnya, temuan yang awalnya ditujukan buat mempermudah kerjaan buat ngancurin batu malah disalah gunakan. Orang justru memakai temuan itu buat melukai bahkan membunuh orang lain. Alfred sangat prihatin dan nyesel. Akhirnya, dia memutuskan buat ngasih sebagian besar aset miliknya buat mendanai dan ngasih penghargaan ke orang-orang yang ngasih perubahan dan penemuan positif buat Bumi dan umat manusia.

2. J. Robert Oppenheimer
Oppenheimer Robert

J. Robert Oppenheimer sering disebut sebagai 'bapak bom atom'. Dia bekerja di Los Alamos Lab selama Perang Dunia II. Saat berusaha buat menemukan bom atom, Robert dan teman-teman satu timnya yakin bahwa bom atom bisa membuat duna lebih aman. Sayangnya, itu salah. Setelah ngeliat banyaknya orang yang meninggal dan jadi korban keganasan bom atom, mereka mulai menyesal. Robert sendiri sempat mengatakan bahwa ini adalah kesalah terbesarnya karena dia membuat senjata yang merusak dunia.

3. Mikhail Kalashnikov
Mikhail Kalashnikov

Via oddee.com

Inilah sosok di balik terciptanya senjata berbahaya AK47. Mikhail ini juga masuk dalam deretan orang yang menyesal atas penemuannya sendiri. Mikhail meninggal pada tahun 2013 silam. Nah, di masa-masa terakhir dalam hidupnya, dia menunjukkan penyesalan dan penasaran yang sangat besar. Dia bahkan sempat mengirim surat ke Gereja Ortodoks Rusia untuk menanyakan beberapa hal yang menghantuinya. Dia bertanya apa dia adalah orang yang patut disalahkan atas jutaan kematian yang disebabkan oleh senjata ciptaannya. Dia merasa bersalah karena senjata ciptaannya ternyata malah banyak dipakai oleh teroris, geng, dan diktator di dunia.

4. Dong Nguyen
Dong Nguyen

Via dailystar.co.uk

Lo pasti masih inget beberapa tahun lalu ada game yang sempet terkenal banget. Namanya "Flappy Bird". Penemunya bernama Dong Nguyen. Uniknya, Nguyen nggak ngerasa bahagia atas ketenaran temuannya. Dia justru ngerasa nggak nyaman dan nggak tenang. Di puncak ketenarannya, "Flappy Bird" bisa menghasilkan uang 50 ribu dolar AS per hari. Akan tetapi penghasilan itu nggak bikin hidup Nguyen seneng. Akhirnya dia milih buat kembali menjalani hidup sederhana seperti sedia kala. Dia nggak mau merasa bersalah karena orang-orang terlalu gila sama game ciptaannya.

5. Kamran Loghman
Kamran Loghman

Via licdn.com

Satu lagi nih penemu yang ngerasa nyesel karena hasil temuannya disalahgunakan orang. Loghman kerja di FBI dan berhasil bikin peper spray. Dia sebenernya udah nulis dengan jelas cara pemakaian dan bahaya yang mungkin timbul akibat penggunaan pepper spray. Sayangnya, belakangan ada banyak pihak yang memakai pepper spray ini buat hal-hal yang jahat termasuk untuk berbuat kriminal.

Wah…pantes aja nyesel ternyata hasil ciptaannya yang niatnya dipakai buat sesuatu yang bermafaat ehh malah dipakai buat yang enggak-enggak.


Sumber: today.line

0 comments:

Post a Comment