Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Friday 1 December 2017

Awas, Pake Smartphone Sambil Tiduran Bisa Sebabkan Kebutaan!

Ilustrasi

Saking serunya memainkan smartphone, kadang bikin kita lupa waktu. Juga lupa tempat hanya demi balas chat. Bahkan saat mau tidur pun pasti selalu menggunakan smartphone, kan?

Memainkan smartphone sambil tiduran emang asyik. Apalagi sambil main game di kamar menjelang tidur, mantap dah! Tapi, apa kamu masih berani jika tahu bahayanya main smartphone sambil tiduran? Bisa sebabkan kebutaan lho!

Main Smartphone Sambil Tiduran Memicu Kebutaan!

Setelah capek berkutat dengan tugas seharian, begitu sampe rumah pasti kamu pengennya santai. Nah, tiduran sambil main smartphone adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan capek begitu sampe rumah.

Ilustrasi

Sebuah laporan yang dimuat dalam New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa memainkan smartphone sambil tiduran beresiko terkena Transient Smartphone Blindness. Hal ini menyerang kamu yang sering mengecek smartphone sambil tiduran dengan sebelah mata, misalnya mata sebelah menengok smartphone dan mata sebelahnya tertutup bantal. Ngaku deh, kalo chatting sambil tiduran kamu sering melakukannya kan?

Ilustrasi

Jika dilakukan dalam waktu lama, kamu beresiko mengalami minus sebelah. Dan jika dilakukan dalam tempat gelap, kegiatan seperti itu akan memicu Transient Smartphone Blindness. Sindrom ini akan membuat mata kamu tidak bisa melihat selama beberapa saat akibat penyesuaian cahaya dari mata kiri ke mata kanan. Serem kan?

Gak Cuma Kebutaan, Bisa Bikin Insomnia Juga!

Selama ini bisa jadi kamu berpikir bahwa insomnia itu penyakit bawaan. Sebenarnya insomnia bisa juga disebut sebagai penyakit buatan. Apalagi kalo kamu sering mainin smartphone sebelum tidur.

Ilustrasi

Radiasi sinar biru yang dihasilkan smartphone akan membuat kamu susah tidur dan gelisah. Gelisah bukan karena chatting yang tertunda, tapi karena sel-sel dalam tubuh kamu telat regenerasi. Dampak lanjutan dari insomnia adalah membuat otak lemot karena terus bekerja seharian, mata cepat lelah dan bisa berujung pada kebutaan permanen.

Gimana, menyeramkan juga kan dampak yang dihasilkan jika sering memainkan smartphone sambil tiduran ini? Akan lebih baik jika kita menjauhkan smartphone dari jangkauan saat tidur.


0 comments:

Post a Comment