Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Tuesday 21 November 2017

Mau Mengajukan Pinjaman Online, Perhatikan Hal Ini

Bank Mandiri.

Kebutuhan akan uang tunai bisa datang kapan saja. Bila keuangan Anda selama ini termanajemen dengan baik, kebutuhan dana tunai yang mendadak bisa ditanggulangi dengan keberadaan dana darurat. Akan tetapi, masih banyak kalangan yang belum bisa menyusun ketersediaan dana darurat untuk pribadi maupun keluarga.

Bila sudah demikian, mencari pinjaman atau utang menjadi jalan keluar yang akhirnya banyak dipilih. Ada kalangan yang memanfaatkan tarik tunai kartu kredit. Ada pula yang berikhtiar meminjam uang ke kerabat, teman atau saudara.

Banyak juga yang akhirnya mengajukan pinjaman pada pihak ketiga, baik melalui produk pinjaman tanpa jaminan seperti kredit tanpa agunan (KTA) atau pinjaman dengan agunan seperti BPKB, sertifikat, dan lain sebagainya.

Seiring perkembangan pemakaian internet di Indonesia, semakin banyak pula jasa penawaran pinjaman online. Pinjaman yang ditawarkan melalui saluran online ada berbagai macam jenis.

Ada yang menawarkan dalam bentuk pusat transaksi pinjam meminjam (marketplace peer to peer lending), ada juga yang berbentuk tawaran pinjaman langsung, juga tawaran apply pinjaman KTA secara online.

Dikutip HaloMoney, berikut 5 hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan pinjaman online terbaik.

Tawaran harga atau bunga

Ketika Anda tengah mencari pinjaman online, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tawaran harga atau bunga pinjaman. Semakin murah bunga pinjaman akan lebih baik bagi kemampuan kantong.

Berdasarkan penelusuran HaloMoney.co.id, rata-rata bunga pinjaman terendah yang ditawarkan oleh platform pinjaman online di Indonesia saat ini adalah berkisar 0,9 persen per bulan atau sekitar 10,8 persen per tahun.

Biaya lain-lain

Bunga murah saja tidak cukup, Anda juga perlu memperhatikan biaya lain-lain yang ditetapkan sebuah produk pinjaman online. Perhatikan apa saja biaya-biaya selain biaya bunga yang harus kamu bayarkan untuk pencairan pinjaman.

Kebanyakan pinjaman tanpa agunan mematok biaya administrasi, biaya provisi, biaya keterlambatan angsuran, biaya pelunasan lebih awal, hingga biaya transfer pinjaman.

Semakin sedikit jenis biaya dan tingkat biaya yang ditetapkan, tentu semakin menarik pinjaman itu untuk dipilih.

Kemudahan persyaratan

Tidak semua penawaran pinjaman online mematok persyaratan pengajuan yang mudah. Beberapa pinjaman mensyaratkan kepemilikan kartu kredit, agunan minimal berupa surat pengangkatan (SK) pegawai, BPKB, syarat kepemilikan usaha, dan syarat-syarat lain yang cukup banyak.

Pilih pinjaman yang memberikan syarat moderat. Syarat yang terlalu mudah acapkali menuntut biaya bunga lebih mahal. Umumnya, untuk pengajuan pinjaman tanpa agunan, syarat utama adalah usia, besar minimal penghasilan per bulan, kelengkapan identitas, kepemilikan rekening bank, rekam jejak pinjaman.

Sumber : merdeka.com

0 comments:

Post a Comment