Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Friday 6 October 2017

Fadli Zon sebut pesan Jokowi agar TNI tak berpolitik hanya penegasan


Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai imbauan Presiden Joko Widodo agar TNI tidak terlibat politik praktis hanya penegasan saja. Fadli mengaku melihat secara langsung pidato Jokowi yang menyinggung netralitas TNI saat menghadiri perayaan HUT TNI ke 72 di Cilegon, Banten. 

"Itu menurut saya menegaskan saja bahwa posisi TNI di dalam ketatanegaraan kita. Dan juga dalam hubungan antar lembaga yang ada, ya sebagai tentara yang netral tidak berpolitik dan sebagainya," kata Fadli di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (5/10).

Fadli menyebut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo telah menjawab imbauan Jokowi dengan korps yang dia pimpin akan selalu setia kepada pemerintahan. 

"Dan itu saya kira dijawab ya setelah upacara dalam sambutan singkat Panglima TNI sebelum memotong tumpeng itu dijawab juga bahwa TNI tetap sesuai yang diharapkan Presiden itu," terangnya. 

Dalam upacara peringatan HUT TNI, Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi menjadi komandan upacara. Edy disebut telah mencalonkan diri sebagai bakal calon Gubernur Sumatera Utara.

Terkait imbauan Jokowi, Fadli yakin Edy akan mundur jika telah ditetapkan sebagai calon Gubernur oleh KPU. 

"Pada saatnya pasti harus mundur, pada saatnya yaitu ketika mencalonkan diri dan sudah masuk dalam tahapan Pilkada pasti akan mengundurkan diri," tukasnya. 

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara peringatan HUT TNI ke-72 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten. Jokowi mengingatkan para personel TNI jangan sampai terlibat dalam politik praktis.

Jokowi mengutip pernyataan Panglima Besar Jenderal Soedirman. Politik tentara adalah politik negara. Loyalitas tentara hanya pada kepentingan bangsa dan negara.


"TNI adalah milik nasional, tidak terkotak-kotakkan kepentingan politik yang sempit. TNI tidak masuk politik praktis," kata Jokowi, Kamis (5/10).

Presiden Jokowi pun meminta agar seluruh prajurit TNI tetap memegang teguh Sapta Marga. Menjaga rakyat dan NKRI serta setia pada pemerintah yang sah.

0 comments:

Post a Comment