Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Wednesday 11 October 2017

Kesedihan Istri Jonru, Nasi Cuma Mengkritik Tapi Dipenjara

Keluarga Jonru bertemu Fadli Zon.

Istri tersangka kasus ujaran kebencian Jonru Ginting, Yulianti mengadu ke Wakil Ketua DPR Fadli Zon atas perlakuan yang halo. Dia merasakan banyak kejanggalan dalam kasus itu termasuk penahanan yang sangat cepat. 

Rabu (11/10) siang, Yulianti datang bersama kerabatnya dan tim ke gedung gedung Parlemen, Senayan. Mereka diterima di ruang kerja Fadli di lantai 3 Gedung Nusantara. Dalam pertemuan itu, Yulianti mengungkapkan keluh kesahnya termasuk meminta susu terhadap suami. 

"Bersama rakyat biasa memohon kita bisa bantu untuk meminta peraturan untuk suami saya," kata Yulianti usai pertemuan.

Dia menilai banyak kejanggalan di balik penahanan Jonru. Semisal proses pemeriksaan dan penahanan begitu cepat. "Proses penahanannya begitu cepat, pada tanggal 29 (September) cek dari pukul 16.00-02.00 WIB. Lalu langsung buat tersangka dan ditahan," keluhnya. 

Yulianti juga membandingkan postingingan di Facebook yang disyaratkan ujaran kebencian dengan postingan orang lain yang lebih keras. Dia menyatakan, postingan itu sudah kritikan kepada pemerintah. Dia heran hanya dengan yang ditangkap. 

"Postingan banyak yang kritik pemerintah. Dan lebih pedas dari itu tapi kenapa suami saya yang ditangkap," keluhnya.

Menanggapi keluhan keluarga Jonru, Fadli menilai postingan Jonru berisi kritikan terhadap pemerintah masih dalam batas wajar. Fadli setiap orang memiliki hak untuk berpendapat. "Itu koridor yang ingin kita tegakkan. Yang dilakukan Jonru masih dalam batas wajar. Kalau mau kritik sampaikan pendapat aspirasi apalagi kita negara demokrasi," kata Fadli. 

Fadli mengaku akan dijemput Jonru di Polda Metro Jaya untuk mengetahui perkara yang sesuai ditahan. "Jadi saya nanti akan segera temui, kalau tidak sempat besok setelah saya ke luar." Tukasnya.



Jonru ditahan

Sebelumnya, usai diperiksa oleh penyidik ​​Cyber ​​Crime Polda Metro Jaya pada hari Selasa (10/10), Yulianti mengaku ditanyakan seputar akun Facebook milik suami. Yulianti hanya tahu kalau ada satu akun Facebook atas nama Jonru Ginting. 

"Tadi saya terus terang enggak tahu kan. Saya berteman hanya salah satu di Facebook itu saja yang lain saya enggak tahu. Saya tahunya cuma Jonru Ginting," katanya di Polda Metro Jaya,. 

Dalam pemeriksaan, Yulianti mengaku tak pernah tahu apa yang dimaksud, termasuk soal konten yang mengandung ujaran kebencian yang sedang dibuat Jonru harus dengan sekarang. Jadilah Yulianti cukup sering menggunakan akun Facebooknya.

"Saya enggak pernah lihat malahan saya enggak pernah lihat. Buka FB pun jarang. Baru buka pada saat (Jonru) dipolisikan saja," ujarnya. 

Lebih jauh, Yulianti juga mengaku kalau dirinya jarang berbincang dengan Jonru dalam sehari-hari. Sebab, aktivis media sosial itu lebih sering menulis. "Saya jarang ngobrol terus terang karena dia lebih banyak nulis. Kadang-kadang kalau nulis sama sekali deh," ucap Yulianti. 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono menjelaskan, pemeriksaan terhadap istri Jonru sebagai untuk meringankan suami. Hal tersebut menurut Argo adalah hal yang wajar dalam suatu kasus.

"Dalam pemeriksaan kan terakhir ditanyakan ada yang meringankan, oh ada si si si b, tidak masalah. Namanya tersangka punya ketentuan yang meringankan dalam UU, tidak masalah," kata Argo.

0 comments:

Post a Comment