Logo Design by FlamingText.com
Logo Design by FlamingText.com

Monday 30 October 2017

Ketua Pekat IB Asahan: Kawal Dana Desa Untuk Kesejahteraan Desa


Dana Desa merupakan dana yang di alokasikan oleh Pemerintah Pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan biaya pembangunanya diperuntukkan demi kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Biaya pembangunan Dana Desa yang begitu besar di kucurkan oleh Pemerintah Pusat untuk Desa,membuat para Kepala Desa sebagai pengelola dan pengguna keuangan Dana Desa saat ini menjadi perhatian/Trending Topik dikalangan para Control Sosial baik para Jurnalis maupun penggiat Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Penyampaian tersebut di sampaikan langsung oleh Ketua Pekat IB (Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu) Kabupaten Asahan M.Syihabuddin dalam acara Seminar Sehari dengan Thema “DANA DESA UNTUK RAKYAT SEJAHTERA”yang di laksanakan oleh Pekat IB bekerjasama dengan APDESI (Asosiasi Kepala Desa Seluruh Indonesia) Selasa 24 Oktober bertempat di Hotel Sabty Garden Jalan P.Diponegoro Kisaran.

“Kita (Pekat-IB) kedepan akan membangun sinergitas antara Pemerintah Desa,Wartawan dan Penggiat LSM dalam pengawasan penggunaan Dana Desa” sesuai dengan tajuk seminar kita hari ini kata M.Syihabuddin biasa di sapa Said.

Said juga menuturkan demi kesejahteraan masyarakat, kita akan mengawal benar-benar pengelolaan serta penggunaan Dana Desa tersebut sehingga penggunaanya transparan serta sesuai dengan peruntukkannya.

“Kita akan kawal penggunaan Dana Desa yang di berikan oleh Pemerintah demi pembangunan dan kemakmuran masyarakat Desa. Jangan ada yang coba-coba mau menggrogoti,mengintervensi penggunaan Dana Desa, Kita akan lawan” sebut Said di akhir sambutannya.

Sementara itu Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP dalam kata sambutannya di wakili oleh Plt Kadis Pemdes Paijan SH MM dihadapan para seluruh Kepala Desa Se-Kabupaten Asahan menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya atas seminar sehari yang di laksanakan Pekat-IB Asahan.

“Kami (Pemkab Asahan-red) ucapkan rasa terima kasih dan berikan apresiasi kepada Pimpinan DPD Pekat IB yang telah memprakarsai kegiatan seminar ini.Dan Kami menilai kegiatan ini merupakan langkah yang cukup memberikan kontribusi kearah perbaikkan.Apalagi tema yang diangkat merupakan trending topik yang cukup hangat menjadi perbincangan saat ini”sebut Paijan.

Lebih lanjut Paijan mengutarakan,dengan kegiatan seminar ini akan terbangun satu pemahaman dan sinergitas antara Pemerintah Desa dengan para insan pers,khususnya dalam pengawasan pengelolaan Dana Desa.

“Selama kurun waktu tiga tahun, telah di gulirkan Dana Desa mencapai 301 Milyar untuk membangun dan pemberdayaan 177 Desa se Kabupaten Asahan.Telah banyak yang dibangun oleh desa menggunakan Dana Desa untuk berkembangnya roda perekonomian di pedesaan.Namun demikian kita sadari, kegiatan yang sepenuhnya dilakukan oleh Pemerintah Desa belum sepenuhnya sesuai dengan harapan masyarakat desa”ujar Plt Kadis Pemdes Paijan

Pelaksanaan kegiatan Seminar Sehari yang di gagas oleh Pekat IB Asahan menghadirkan pemberi materi sebagai narasumber pertama antara lain Ketua Apdesi Kabupaten Asahan H.Sujud Prayetno SH dengan ulasan materinya bertajuk “Dana Desa Berkah atau Bencana Bagi Kepala Desa’”

Pemberi Materi ke dua dari kalangan Insan Pers menghadirkan Nurkarim Nehe SE.Msi merupakan seorang jurnalis senior dan Kepala Biro Harian waspada sekaligus Penyandang Predikat UKW katagori Utama mengambil tema “Wartawan adalah orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan Jurnalistik sesuai UU No 40 Tahun 1999 pasal 1 butir 4.

Sebagai Pemberi materi ke tiga dari unsur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yaitu Dr.Edy Ikhsan MA merupakan penggiat LSM di Yayasan Pusaka Indonesia dan salah seorang Dosen Fakultas Hukum USU memberikan materi berjudul “Status dan Peran Lembaga Swadaya Masyarakat dalam pengawasan Dana Desa”.

Dan sebagai pemateri ke empat menghadirkan Kanit Tipikor Polres Asahan Iptu Rianto SH memberikan materi dengan tajuk bagaimana tata cara penanganan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia kepada para Kapolda dan Kajati seluruh Indonesia.

Di akhir Seminar Sehari tersebut ditutup dengan penanda tanganan Deklarasi oleh para narasumber dan Kepala Desa dan di ujung acara Ketua Pekat IB Asahan Said memberikan dana bantuan kepada Apdesi Asahan berupa dana sebesar 5 juta rupiah.

Sumber: detikpost

0 comments:

Post a Comment